Main Area

Main

Tim Puskesmas Lais Berburu Jentik Nyamuk

tim-puskesmas-lais-berburu-jentik-nyamuk-muba288f61577764211.jpg

Sosialisasi Bahaya DBD sekaligus membagikan Bubuk Abate kepda masyarakat

Lais, Musi Banyuasin – Musim Hujan telah tiba, Serangan berbahaya dari nyamuk disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Virus tersebut akan masuk ke aliran darah manusia melalui gigitan nyamuk. Biasanya, jenis nyamuk ini menggigit di pagi hari sampai sore menjelang petang.

UPTD Puskesmas Lais tidak tinggal diam akan hal tersebut, berbagai cara dilakukan untuk mencegah sedini mungkin masyarakat diwilayah kerja PKM Lais mulai dengan Sosialisasi Ke Masyarakat dan juga berburu Jentik nyamuk.

Terpantau mubaonline.com, tim UPTD Puskesmas Lais tadi malam hingga Pagi ini , Selasa (31/12) dengan menggunakan Mobil Ambulan PKM Lais menyisiri beberapa Desa termasuk Teluk, Lais dan Desa Epil dengan menggunakan Penguat Suara.

“Kami dari UPTD Puskesmas Lais mengajak kepada seluruh masyarakat, sanak dulur galek galek bahwa sekarang memasuki musim hujan Payo kitek cegah demam berdarah dengan beberapa sasaran nyamuk dengan cara 3M Plus, Menguras Tempat Penampungan Air, Menutup Rapat rapat tempat penampungan air, Mendaur ulang barang barang bekas.”

Suara lantang terdengan dari pengeras suara mobil Ambulan Puskesmas Lais menyisir jalan Desa dalam wilayah Kerja Puskesmas Lais.

Leli Hefni,SKM,.MKes mengatakan bahwa memasuki musim hujan ancaman terbesar masyarakat adalah Demam Berdarah, tentu sangat membahayakan untuk itu kita turun ke Desa desa mensosialisasikan kepada Masyarakat untuk mencegah Demam Berdarah melalui cara 3M.

“ini sangat penting masyarakat ketahui karena Demam Berdarah bukan hal sepeleh dan perlu dicegah sedini mungkin, menguras tempat penampungan air, Menutur rapat rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang barang bekas adalah cara untuk mencegah jentik nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.” Kata Leli.

Selain itu sambungnya, masyarakat juga dapat mencegahnya dengan memakai obat nyamuk, lotion anti nyamuk atau juga pakai kelambu dan bisa juga dengan memelihara ikan tempalo.

Selain itu juga Tim Kesling , Promkes dan Program DBD dari UPTD Puskesmas Lais juga langsung memeriksa tempat penampungan dan penyimpanan air warga untuk memastikan tidak ada jentik nyamuk dan sekaligus membagikan Bubuk Abate kepada masyarakat dan dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat untuk melaksanakan PSN (Pembasmian Sarang Nyamuk).

“Melalui penyuluhan ini, kita berharap masyarakat mau mengikuti saran edukasi dari Tim PKM Lais, karena ini sangat penting bagi masyarakat, mari kita mulai sehat dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.” Ajak Leli.

Laporan : Raka


Baca Juga :
Junai Warga Tanjung Agung Timur Ini Terciduk Di Desa Epil
Akibat Ulahnya, Warga Lais Utara Ini Diborgol Polisi
Mau Berjalan Diatas Air ? Datangi Taman Terbuka Hijau di Sekayu
Tanggal 8-12 Februari 2020 Tes SKD CPNS Muba
Muara Medak Sulap Lidi Kelapa Sawit Jadi Piring
DPO Ini Akhirnya Diciduk Polisi
Sejahterakan Petani Karet, 6 UPPB Se Bayung Lencir Terima Surat Tanda Registrasi

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)