Main Area

Main

Tak Terima Pemilihan BPD Oleh Tokoh Masyarakat, Puluhan Calon BPD Tanah Abang Datangi Kantor Camat

tak-terima-pemilihan-bpd-oleh-tokoh-masyarakat-puluhan-calon-bpd-tanah-abang-datangi-kantor-camat-muba1863m1554461887.jpg

Puluhan Calon Anggota BPD Desa Tanah Abang Datangi Kantor Camat Batang Hari Leko

Batang Hari Leko, Musi Banyuasin – Puluhan Calon Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tanah Abang Kecamatan Batang Hari Leko ramai mendatangi Kantor Camat Batang Hari Leko pada Jumat (05/04) sekitar pukul 15.30 Wib.

Pasalnya para calon anggota BPD Desa Tanah Abang tersebut tidak terima atas hasil keputusan rapat Panitia Pemilihan Anggota BPD Desa Tanah Abang yang dinilai mengambil keputusan sepihak tanpa mempertimbangkan Surat Edara Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin Perihal Pengisian Anggota BPD Periode 2019 – 2025.

Berdasarkan Surat Edaran Dari DPMD Kabupaten Musi Banyuasin tanggal 26 Maret 2019 Nomor 141/278/DPMD-PD/III/2019 yang di tujukan kepada Camat Batang Hari Leko bahwa dalam rangka pengisian anggota BPD periode 2019-2025 haruslah berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Nomor 10 Tahun 2018 tentang Permusyawaratan Desa antara Lain pada point 3 dalam surat edaran tersebut berbunyi “Pengisian anggota BPD dilakukan secara Demokratis dapat dilaksanakan melalui proses pemilihan secara langsung dapat dilaksanakan di Dusun masing-masing dengan yang mempunyai hak pilih hanya Kepala Keluarga dibuktikan dengan Kartu Keluarga”.

Namun ternyata dari hasil rapat panitia pemilihan BPD Desa Tanah Abang Kecamatan Batang Hari Leko berbanding terbalik dengan isi pada surat edaran dari DPMD Kabupaten Muba. Hal inilah yang membuat puluhan calon Anggota BPD Desa Tanah abang mendatangi Kantor Camat Batang Hari Leko guna menyampaikan aspirasi mereka dan menolak hasil keputusan rapat panitia yang mekanisme pemilihan BPD Desa Tanah Abang melalui tokoh masyarakat alias calon BPD dipilih atas pilihan Toko masyarakat bukan dipilih berdasarkan Kepala Keluarga yang mempunyai hak pilih dengan dibuktikan Kartu Keluarga.

Disampaikan Roliansyah (38) yang merupakan Calon Anggota BPD Desa Tanah Abang kepada mubaonline.com(05/04) bahwa dirinya dan seluruh calon BPD Desa Tanah Abang merasa keberatan atas keputusan panitia pemilihan BPD Tanah Abang yang tidak melaksanakan instruksi dari DPMD Kabupaten Muba tersebut.

“Seluruh Calon BPD Desa Tanah Abang ada 38 Orang dek, dan 25 Orang calon BPD Menyatakan tidak setuju dengan keputusan panitia tersebut. Panitia seharusnya mematuhi aturan yang ada, apalagi kan sudah ada surat edaran dari PMD bahwa pemilihan calon anggota BPD dipilih oleh Kepala Keluarga yang mempunyai Hak Pilih dengan dibuktikan Kartu Keluarga, itu kan sudah jelas.” Kata Roliansyah.

Kita sudah mendatangi Kantor Camat Batang Hari Leko lanjut Roliansyah, “ tapi kita tidak bertemu pak camat karena kantor sudah tutup, kami berharap kepada panitia pemilihan BPD Desa Tanah Abang agar mengikuti aturan yang ada, serta mengikuti instruksi dari DPMD Kabupaten Muba, jika Panitia masih melaksanakan pemilihan BPD melalui Tokoh masyarakat maka kita akan langsung mendatangi Dinas PMD Kabupaten Muba” Tambahnya.

Sementara itu, Dedi Erisandi selaku Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD Desa Tanah Abang hingga berita ini diturunkan saat dihubungi via telfon namun ia belum bisa memberikan penjelasan terkait proses pemilihan anggota BPD Desa Tanah Abang tersebut yang diduga tidak sesuai instruksi PMD.

Laporan : Raka

 

 


Baca Juga :
Kecamatan Sungai Keruh Siapkan Beragam TPS Unik
Hingga Dini Hari, Penghitungan Suara TPS 01 Desa Lais Belum Selesai
Mencoba Melarikan Diri, Pelaku Pencurian Di Dooorrrrr
Aniaya Guru, Heri Susanto Alias Otong Kini Dibekuk Polisi
Perusahaan Ini Bisa Membuat Masyarakat Peduli Karhutlah
Hari Ini, Logistik Pemilu Kecamatan Lais Tiba Di PPS
Dodi Reza: Semua Warga di Muba Harus Tinggal di Rumah Layak Huni

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)