Main Area

Main

Tak Mau Lingkungan Kotor Kades Jirak Ajak Warga Lakukan Ini

tak-mau-lingkungan-kotor-kades-jirak-ajak-warga-lakukan-ini-muba266vg1610766693.jpg

Kepala desa (Kades) Jirak Kamrullah, Inisiasi gotong royong agar lingkungan bersih

Jirak Jaya, Musi banyuasin - Dalam upaya menciptakan lingkungan sehat dan bersih terlebih pada musim hujan, Pemerintah Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan kerja bakti massal.

Kepala desa (Kades) Jirak Kamrullah, mengatakan, kerja bakti atau gotong royong dilakukannya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini rentan dengan berbagai penyakit. Di antaranya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Ini salah satu agenda pemerintah Desa Jirak dalam upaya pencegahan dari berbagai pandemi penyakit diantaranya malaria atau DBD,” tutur Kamrullah, Jumat (15/01/2021).

Selain itu, kerja bakti ini juga membersihkan saluran air atau drainase yang ada di sepanjang jalan desa Jirak sampai menuju ke tempat perbatasan Desa Jirak dan Desa Bangkit Jaya.

Membersihkan rumput atau sampah pada drainase disepanjang jalan dan terkhusus sampah yang menjadi perbicangan hangat nitizen saat ini yang ada di jembatan Sungai Keruh,” jelasnya.

Apabila kita mampu menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah maka masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut akan menghirup udara yang segar, jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang melekat dengan curah hujan tinggi seperti DBD, malaria, diare, dan sebagainya.

“Saya yakin kemunculan penyakit yang identik dengan musim penghujan bisa ditekan, dengan kondisi perkampungan yang hijau dan asri,” ungkapnya

Sejatinya lanjut Kamrullah, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat, contoh terkecilnya ucap dia, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Wujudkan Desa Jirak selalu bersih, sehat, aman dan nyaman, seluruh kelompok masyarakat dapat ikut bersama-sama membiasakan diri dalan pola hidup bersih dan sehat,” harapnya.

Selain Kades Jirak beserta jajaran staf desa, hadir juga pemerintah Kecamatan Jirak Jaya, Ketua BPD Forum RT Se-desa Jirak RT/RW, Karang Taruna, LPM, dan sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Jirak.

Laporan : Aceng


Baca Juga :
Salah Satu Ekskul Andalan SDN Muara Medak, Februari Lalu Borong 12 Medali Di Kejurnas Karate
Rumahnya Digrebek, Pria Ini Kedapatan Simpan Diduga Sabu Seberat 25,5 Gram
Bupati Dodi Reza Wajibkan Pertamina Rekrut Tenaga Kerja Lokal di Muba
Lagi, RSUD Sekayu Gelar Operasi Jantung Terbuka dan Tuntaskan Pasien ke-10
Diprediksi Awal Maret Harga Karet Di Muba Naik Lebih Tinggi
Dewan Minta Segera Selesaikan Permasalahan Tambang Pasir Hingga Jaringan MEP
Pemkab Muba Tegas Tertibkan Kios Pasar

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)