Main Area

Main

Semburan Air dan Lumpur Di Desa Tanjung Agung Selatan Sudah Ditutup

semburan-air-dan-lumpur-di-desa-tanjung-agung-selatan-sudah-ditutup-muba3863f1591072951.jpg

Lokasi Semburan di Dusun 1 Desa Tanjung Agung Selatan Kec. Lais Musi banyuasin

Lais, Musi banyuasin – Setelah sepekan kemarin lobang bor batu bara milik PT. LCM (Lais Coal Mine) yang ada di Dusun 1 Desa Tanjung Agung Selatan Kecamatan Lais menyemburkan Air bercampur material lumpur dan bebatuan kini lobang semburan sudah disumbat menggunakan cor beton/semen.

Diketahui pada Kamis 28 Mei 2020 yang lalu lobang bor batu bara milik PT. LCM ini mengeluarkan semburan air dan lumpur bercampur bebatuan, semburan air dan lumpur ini bahkan setinggi 8 sampai 12 Meter.

Menurut Kades Tanjung agung selatan Indra Kasuma Sy, SE saat dikonfirmasi dirinya membenarkan adanya semburan air bercampur lumpur dan bebatuan dari lobang bor batu bara milik PT LCM yang berada di Dusun 1 Desa Tanjung agung selatan tersebut.

“Bener dindo, kejadiannya tanggal 28 Mei kemaren, dari 13 titik bor yang ada dan satu diantaranya mengeluarkan semburan air dan lumpur bercampur bebatuan di lahan sawit milik warga.” Kata Indra, Senin (1/6/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa dilokasi semburan tersebut selain terdapat kebun sawit warga, juga terdapat sungai yang sehari-hari dijadikan tempat MCK warga sekitar, akibat semburan lumpur dari Bor ini airnya jadi tercemar dan tidak bisa dipakai untuk MCK.

Selain itu menurut Indra Sungai tersebut dilelang oleh salah satu Warganya bernama Intri, dan akibat tercemar lumpur ini menurut indra banyak ikan yang mati sehingga pemilik sungai yang di lelang ini mengalami kerugian. Padahal menurutnya saat ini merupakan masa panen ikan.

“Sungai itu kan dilelang dindo, sejak tercemar lumpur dari semburan bor ini jadi banyak ikan yang mati disungai ini, dan kebun sawit milik H. Rudi Hartono yang berada dipusat semburan ini pun ikut tercemar.” Ungkapnya.

Namun menurut Indra sejak diketahui adnya semburan tersebut Pemkab Muba cepat tanggap dan pada Jumat 29 Mei 2020 kemarin Wakil Bupati Muba Beny Hernedi beserta rombongan langsung meninjau lokasi semburan. “tapi sampai hari ini sejak kedatangan Wabup ke lokasi belum ada penyelesaian dan kepedulian dari pihak perusahaan PT. LCM tapi itikad baiknya sudah ada.” Katanya.

“Harapan saya selaku Kades Tanjung agung selatan dan masyarakat baik yang lahan nya tercemar lumpur dan sungainya juga agar kejadian ini tidak membawa musibah dan kerusakan lingkungan, bahkan sebaliknya semoga membawa hikmah. Dan kiranya pihak perusahaan untuk segera mungkin membereskannya baik itu secara Amdal atau pencemaran lingkungan akibat semburan ini dan menyelesaikan segera konpensasi bagi warga yang dirugikan atas semburan ini”. Tambah Indra.

Dirinya menghimbau agar warga tidak mendekati lokasi bor dan tidak merokok atau menyalakan api karena menurutnya dilokasi semburan bisa saja mengandung gas yang berbahaya dan beracun. Meskipun saat ini lobang semburan sudah di tutup.

“Saat ini saya sudah perintahkan beberapa linmas untuk berjaga-jaga disekitar lokasi agar memastikan adanya semburan susulan atau tidak serta melarang warga berada dilokasi”. Tutupnya.

Laporan : raka


Baca Juga :
Harumnya Sabun Serai asal Mendis Bayung Lencir
Tuntas, Pj Bupati Apriyadi Buat Semua Daerah di Muba Dialiri Listrik
Pelanggan MEP di 14 Kecamatan akan Segera Beralih ke Jaringan PLN
PJ Bupati Apriyadi Buka Program Kuliah Gratis di Universitas Telkom Bandung, Ini Syarat dan Jadwalnya
Kaget Nenek Suhartini, Rumahnya Dipasang Listrik oleh Pj Bupati Apriyadi
Pemkab Muba Terus Gencar Kendalikan Inflasi dengan Operasi Pasar di Bulan Ramadan
Pemkab Muba Bahas Rancangan Perbup Tentang Pemberian Insentif dalam Kegiatan Pembukaan / PLTB

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)