Main Area

Main

Sejumlah SMAN Dan SMKN Berubah Identitas Termasuk SMAN 3 dan SMAN 1 Lais

sejumlah-sman-dan-smkn-berubah-identitas-termasuk-sman-3-dan-sman-1-lais-muba30q91616429327.jpg

SMAN 3 Lais Berubah Identitas menjadi UPT SMAN 23 Musi Banyuasin

Lais, Musi banyuasin – Sebanyak 455 Satuan Pendidikan SMAN, SMKN, SLBN di Provinsi Sumatera Selatan mengalami perubahan identitas baru berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatera Selatan dan Peraturan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Nomor 6 tahun 2021.

Surat edaran nomor : 420/3746/Set.3/Disdik.SS/2021 tentang Penataan Identitas sekolah yang merupakan tindaklanjut dari Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Pembentukan, Uraian Tugas dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun 455 Satuan pendidikan yang mengalami penataan nomenklatur Satuan Pendidikan yakni 325 UPT (Unit Pelaksana Teknis) Satuan Pendidikan SMAN, 115 UPT Satuan Pendidikan SMKN, 13 UPT Satuan Pendidikan SLBN dan 1 UPT Satuan Pendidikan Khusus SON Sriwijaya.

Dari 325 UPT Satuan Pendidikan SMAN dan 115 untuk Satuan Pendidikan SMKN yang mengalami perubahan identitas dengan penataan nomenklatur tersebut termasuk 37 Satuan pendidikan SMAN dan 16 Satuan pendidikan SMKN di Kabupaten Musi Banyuasin.

Sedangkan Untuk di Kecamatan Lais sendiri terdapat beberapa sekolah yang mengalami perubahan Nama diantaranya SMA Negeri 1 Lais menjadi UPT SMA Negeri 8 Musi Banyuasin, SMA Negeri 2 Lais menjadi UPT SMA Negeri 14 Musi Banyuasin, SMA Negeri 3 Lais menjadi UPT SMA Negeri 23 Musi Banyuasin, dan SMA Negeri 4 Lais berubah menjadi UPT SMA Negeri 40 Musi banyuasin.

Selain untuk SMAN, perubahan identitas inipun berlaku untuk satuan pendidikan SMKN, untuk SMKN 1 Lais berubah menjadi UPT SMK Negeri 8 Musi Banyuasin.

Tidak hanya mengalami perubahan Nama namun juga mengalami perubahan penyesuaian identitas diantaranya Papan nama sekolah, penomoran surat, Kop Surat, dan juga Stampel/Cap Sekolah bersangkutan.

Kepala SMAN 3 Lais yang kini menjadi UPT SMAN 23 Musi banyuasin Saptono Siswanto, S.Pd.,MM kepada mubaonline .com membenarkan adanya perubahan nomenklatur satuan pendidikan tersebut. Menurutnya perubahan ini didasarkan atas Surat Edaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan tanggal 19 Maret 2021 yang lalu sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pembentukan, Uraian Tugas dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

“Tentu kita menyambut baik hal ini, tentunya perubahan ini merupakan bentuk penataan nomenklatur dari satuan pendidikan yang sudah ada sebelumnya, yang di susun secara berurutan berdasarkan tahun berdiri sekolah dari masing-masing Kabupaten.” Jelas Saptono saat dibincangi Senin (22 Maret 2021).

Menurutnya kedudukan UPT satuan pendidikan ini merupakan unsur pelaksana teknis operasional dan teknis penunjang pada Dinas Pendidikan dalam hal inj Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yang menyelenggarakan pendidikan menengah, pendidikan khusus dan layanan khusus.

“Semoga dengan adanya penataan identitas sekolah ini dapat menjadikan satuan pendidikan terutama di SMAN 3 Lais yang kini berubah menjadi UPT SMAN 23 Musi banyuasin bisa menjadikan sekolah ini menjadi lebih baik lagi serta membawa perubahan dalam siswa didik sebagai siswa unggul, berahlak dan berprestasi dimasa mendatang.” tambahnya.

Sementara itu hal serupa disampaikan oleh kepala SMAN 1 Lais yang juga mengalami perubahan menjadi UPT SMA Negeri 8 Musi banyuasin Muzairin, S.Pd.,MM menuturkan, dengan adanya perubahan nama sekolah atau nomenklatur sesuai Pergub Sumsel No. 06 tahun 2021 ini sangat baik.

"Kita bisa melihat jumlah sekolah Negeri di kabupaten maupun Kota di Sumatera Selatan dengan melihat nomor sekolah terakhir misal Kab Muba SMAN 36 Muba. Jadi ada 36 SMAN. tentu juga perubahan ini UPT satuan pendidikan (SMA, SMK) tugas pokok dan fungsi,ada perubahan struktur organisasi termasuk Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Subbagian Tata Usahs dan kel jabatsn Fungsional". Jelasnya.

Laporan : Raka


Baca Juga :
Bintara Dan Sat Sabhara Polres Muba Diberhentikan Secara Tidak Hormat
Feby Deru Jemput Bola ke UPTB Samsat Cukupi Stok Darah PMI
Perangkat Desa Tanjung Agung Utara Tak Luput Dari Suntikan Vaksinasi Oleh UPT Puskesmas Gardu Harapan
40 Orang Wisudawan STAI Rahmaniyah Sekayu Raih Gelar S.Pd
Bareng Ketua TP PKK Thia Yufada, Bupati Dodi Reza Safari Ramadan ke BayLen
Manggala Agni Daops XV Sumsel Mulai Matangkan Ilmu Pencegahan Karhutbunlah RPK PT GAL, Korporasi Pertama Di Tahun 2021
Kajari Muba, Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi Dana LPDB

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)