Main Area

Main

Salah Satu Ekskul Andalan SDN Muara Medak, Februari Lalu Borong 12 Medali Di Kejurnas Karate

salah-satu-ekskul-andalan-sdn-muara-medak-februari-lalu-borong-12-medali-di-kejurnas-karate-muba213tz1614569320.jpg

Foto bersama usai di sambut langsung oleh Korwil UPTD Dikbud Bayung Lencir,Rattan SPd.SD., usai siswa-siswi SDN Muara Medak memboyong 12 Medali pada kejurnas karate.

Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Karate adalah salah satu olahraga sekaligus seni beladiri yang berasal dari Jepang, selain untuk orang dewasa, olahraga ini cocok juga untuk anak-anak. Terutama anak yang aktif menggunakan kaki dan tangannya, gerakan karate mayoritas tendangan dan pukulan.

Meski olahraga beladiri, karate juga biasanya menyelipkan cara menumbuhkan dedikasi dan prinsip nilai hidup lewat pelajaran moralnya.

Hal itulah yang mendasari Pihak Sekolah SD N Muara Medak yang berada di Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba menjadikan olahraga ini salah satu kegiatan non pelajaran peserta didiknya.

Bahkan baru-baru ini 11 anak peserta didik SDN Muara Medak dan satu orang alumni SDN Muara Medak yang saat ini sekolah di SMP Darul Ulum memboyong medali pada Kejuaraan Nasional Karate Virtual Kata dan Kumite Technique Jakarta Karate Open dan Festival 2021.

12 anak yang berlatih di Dojo SDN Muara Medak tersebut meraih medali pada Kategori Kata Festival tingkat SD, SMP, dan SMA. Mereka peraih medali Kejuaraan Nasional, Jakarta Karate Open dan Festival IV yang diselenggarakan pada 13 sampai 14 Februari 2021 tersebut yaitu :

1. Yogi Setiawan (emas)

2. Sari Ayu Lestari (emas)

3. Nisa Canda (emas)

4. Kemas Saidina Putra (emas)

5. Muhammad dani Aprilinu (perak)

6. Reza Aldiansyah (perak)

7. Jumadi (perak)

8. Aidil Akbar jailani (perak)

9. Sundari (perak)

10. Muhammad Taufik (perunggu)

11. Laura sinta (perunggu)

12. Syfa Nadia Azahra (perunggu)

"Alhamdulillah anak-anak sangat membanggakan pada tahun ini, meski ditengah pandemi, mereka tetap mengharumkan nama sekolah, ini semua tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak, terutama kepada Senpai Sinci yang telah membentuk anak-anak menjadi seperti sekarang ini," ungkap Kepsek SDN Muara Medak, Purnama, S.Pd.SD dibincangi, Senin (1/3/2021).

Purnama juga menjelaskan bahwa ekstrakurikuler Karate yaitu Institut Karate-Do Nasional (INKANAS) ini sudah dimulai sejak Januari 2020 di SDN Muara Medak, saat ini ia mengaku sudah berjumlah 45 Kohai merupakan peserta didik SDN Muara Medak yang aktif ikut ekstrakurikuler ini.

"Kami berusaha memfasilitasi minat dan bakat dari peserta didik, harapannya peserta bisa berprestasi di bidangnya masing-masing sesuai minat dan bakat mereka itu sendiri, alhamdulilah salah satunya di Karate ini terlihat dan muncul anak-anak yang berprestasi," ujarnya.

Purnama kemudian mengaku bahwa dirinya sebagai Kepala Sekolah sangat senang dan bangga dengan prestasi anak-anak ini. Karena menurutnya meski anak-anak ini berasal dari desa pelosok dan perairan Sungai Lalan, Kecamatan Bayung Lencir, mereka bisa mengharumkan nama sekolah, Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.

"Harapan saya Supaya kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi tetap semangat dan rendah hati serta giat belajar supaya nantinya tercapai cita-citanya," tutupnya.

Sementara, pelatih karate SDN Muara Medak, yang biasa di sapa Senpai Sinci mengatakan bahwa di INKANAS ini, selain materi bela diri, ada juga materi pembentukan moral diantaranya menerapkan sumpah karate yaitu sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun dan sanggup menguasai diri.

"Selain itu siswa juga dididik mengamalkan sila pancasila sehingga nantinya mereka dapat menjadi pribadi yang baik dan berkarakter mulia," ujarnya.

"Harapan saya supaya kedepannya Inkanas di Muara medak ini terus berkembang dan maju dengan latihan yang giat dan semangat yang tinggi, Insya Allah mudah-mudahan dapat menjadi atlet karateka yang berprestasi menuju SDM unggul Inkanas emas Indonesia," tutupnya.

 

Laporan : Luthfy


Baca Juga :
Bintara Dan Sat Sabhara Polres Muba Diberhentikan Secara Tidak Hormat
Feby Deru Jemput Bola ke UPTB Samsat Cukupi Stok Darah PMI
Perangkat Desa Tanjung Agung Utara Tak Luput Dari Suntikan Vaksinasi Oleh UPT Puskesmas Gardu Harapan
40 Orang Wisudawan STAI Rahmaniyah Sekayu Raih Gelar S.Pd
Bareng Ketua TP PKK Thia Yufada, Bupati Dodi Reza Safari Ramadan ke BayLen
Manggala Agni Daops XV Sumsel Mulai Matangkan Ilmu Pencegahan Karhutbunlah RPK PT GAL, Korporasi Pertama Di Tahun 2021
Kajari Muba, Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi Dana LPDB

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)