Main Area

Main

Resah Uang Palsu, Pelakunya Diringkus Polsek Bayung Lencir

resah-uang-palsu-pelakunya-diringkus-polsek-bayung-lencir-muba228gu1560233495.jpg

Pelaku saat ditahan pihak kepolisian.

Bayung Lencir, Musi Banyuasin – Keresahan Masyarakat Kecamatan Bayung Lencir tentang adanya peredaran uang palsu, akhirnya terjawabkan, usai pelaku pengedar uang palsu bernama Heriyanto alias Yanto Kebo (39) di amankan Anggota Polsek Bayung Lencir, Senin (10/06).

Yanto pertama kali diketahui mengedarkan uang palsu pada hari Rabu (23/5) sekira pukul 16.30 wib di kompleks perumahan PT. PWS, Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin ke korban yang bernama Sulaiman dengan cara pelaku membayar utang gaji pruning menggunakan selembar uang pecahan seratus ribu rupiah.

Berlanjut di hari Sabtu, korbanpun kembali mendengar keributan bahwa uang palsu beredar di komplek, kemudian ia membawa uang pecahan seratus ribu yang di dapat dari tersangka pelaku ke rumah bunda Abdi yang juga mendapat uang palsu dari pelaku sebanyak 3 lembar seratus ribuan, setelah di cek menggunakan alat yang dimiliki Bunda Abdi dan diketahui uang tersebut palsu.

Karena merasa dirugikan korbanpun melaporkan ke Polsek Bayung Lencir, pihak Polsek kemudian langsung melakukan pemeriksaan barang bukyi dan melakukan penyelidikan, benar saja bahwa memang ada peredaran uang palsu.

Guna menghentikan peredaran uang palsu agar tidak meluas, Kapolsek Bayung lencir memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Bayung Lencir Ipda Dedy Kurniawan, S.H beserta anggota Reskrim Polsek Bayung Lencir untuk menangkap pelaku.

Dari hasil penyelidikan didapat informasi bahwa pelaku pengedar uang palsu berada di Jalan Lintas timur Palembang -1 Jambi tepatnya di Simpang gas Desa Simpang Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba. Polisi bergerak cepat untuk mengejar pelaku karena pada saat akan ditangkap pelaku mengendarai mobil menuju Desa Mainan, Banyuasin membawa barang-barang untuk pindah rumah.

Akhirnya pelaku berhasil diamankan anggota Polsek Bayung Lencir, selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Bayung Lencir guna penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE.MM melalui Kapolsek Bayung Lencir AKP Bagus Adi Suranto, S.I.K. angkat bicara. "Kita berhasil mengamankan Pelaku Heri Yanto alias Yanto KKeb, dengan Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku berupa 17 (tujuh belas lembar) uang kertas palsu pecahan 100 ribu” ujarnya.

Lanjut Bagus, dari pengakuan pelaku, pelaku menggunakan uang palsu tersebut untuk membayar hutang, "untuk Pelaku akan kita terapkan Pasal 245 KUHP dan atau Pasal 36 ayat (3) Jo Pasal 26 ayat (3) UU No. 7 Thn 2011 Tentang Mata Uang dengan ancaman kurungan 15 tahun“ ungkapnya.

 

Laporan : Luthfy


Baca Juga :
Siswa SMA N 2 Lais Ini Jago Melantunkan Tembang Batang Hari Sembilan
Bupati Muba Segera Realisasi Kebutuhan Prioritas Masyarakat Babat Supat
Tulang Belulang Manusia Ditemukan Dilumpatan, Polisi Lakukan Penyelidikan
Saat Santai Bandar Narkoba Ini Lalai Dan Ditangkap Dirumahnya
Pasca Dilantik M. Yamin adakan Syukuran dan Sampaikan Ucapan Terima Kasih
Kabut Asap Makin Tebal, Mulai Mengganggu Aktivitas Sekolah
Ucapkan Sumpah Janji, 45 Anggota DPRD Muba 2019-2024 Resmi Dilantik

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)