Main Area

Main

Puluhan Pelajar Ikuti Sosialisasi SDG's Technology Innovation And Privacy

puluhan-pelajar-ikuti-sosialisasi-sdgs-technology-innovation-and-privacy-muba25e81574318070.jpg

Muhammad Yusuf Abror : Pembangunan berkelanjutan (SDGs) merupakan tanggung jawab kita bersama

Sekayu, Musi Banyuasin - Puluhan pelajar tingkat Sekolah Meneng Atas (SMA) mengikuti Sosialisasi SDG's Technology Innovation And Privacy dilaksanakan oleh tim dosen FISIP Universitas Sriwijaya, bertempat di aula kampus Rahmaniyah, Kamis (21/11/19).

Irlan Fery SE MSi perwakilan Yayasan Rahmaniyah mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan ini, dan terimakasih kepada tim dosen Posisi Universitas Sriwijaya yang telah melaksanakan kegiatan ini. "Pesan kami kepada adik-adik ikuti dan pahami betul apa yang disampaikan karena ilmu yang akan diberikan memiliki manfaat yang begitu besar bagi adik-adik kedepan nanti." ujarnya.

Pembicara dari kegiatan ini ialah Muhammad Yusuf Abror, S.IP., M.A, Farisha Sestri Musdalifah, S.Sos., M.Si, Miftha Pratiwi, S.I.Kom., M.I.Kom, dan Muchammad Yustian Yusa, S.S., M.Si. Para pembicara tersebut merupakan dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya. Tujuan dari kegiatan ini ialah mensosialisasikan dampak dari masifnya perkembangan teknologi yang dapat mengancam keamanan data pribadi (privasi) masyarakat.

Pembicara pertama, Muhammad Yusuf Abror, menjabarkan bahwa pembangunan berkelanjutan (SDGs) merupakan tanggung jawab kita bersama. Pada sosialisasi ini, fokus dari pembangunan berkelanjutan yang dibahas ialah dalam bidang inovasi dan teknologi.

Pembicara kedua, Farisha Sestri Musdalifah, menceritakan bahwa canggihnya perkembangan teknologi khususnya internet ini bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, internet memudahkan kita dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kemudahan mencari informasi, berkomunikasi, hiburan, bahkan berbelanja secara online. Namun di sisi lainnya, privasi kita sebagai pengguna internet terancam. Ini dikarenakan secara sadar maupun tidak sadar, kita membagikan privasi kita ke media sosial, seperti foto, video, dan lokasi. Hal ini dapat membuat kita sebagai pengguna internet berpeluang menjadi korban kejahatan dunia maya.

Pembicara berikutnya, Miftha Pratiwi, menjabarkan berbagai solusi yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi penyebaran privasi di dunia maya. Solusi pertama ialah jangan mengizinkan aplikasi di perangkat smartphone kita untuk mengakses data-data pribadi, seperti kontak, foto, dan lokasi. Kedua, kita harus mengaktifkan mode privasi di akun-akun media sosial kita, agar profil media sosial kita tidak mudah diakses secara publik. Ketiga, kita harus menyeleksi teman di media sosial, untuk mengantisipasi agar terhindar dari akun-akun palsu. Keempat, jangan menghubungkan akun media sosial yang kita punya ke akun media sosial lainnya. Hal ini dapat memudahkan orang lain mendapatkan data pribadi dengan lengkap. Kelima, jangan membagikan lokasi kita di media sosial. Ketika kita menunjukkan bahwa kita sedang tidak berada di tempat tinggal kita, ini dapat memungkinkan terjadinya kriminalitas. Keenam, jangan klik tautan yang tidak jelas sumbernya karena ini dapat mengancam keamanan password dan informasi media sosial kita. Terakhir, gunakanlah password yang unik dan berbeda di setiap akun media sosial yang kita punya.

Pembicara terakhir, Muchammad Yustian Yusa menyimpulkan bahwa kita sebagai generasi milenial harus sadar dengan manfaat dan bahaya dari inovasi teknologi bagi kehidupan sehari-hari.


Laporan : cr1


Baca Juga :
4 Kali Menyetubuhi Anak Di Bawah Umur, Pria 62 Tahun Ini Diringkus Polsek Tungkal Jaya
Tusuk Toto Dengan Pisau Hingga Meregang Nyawa, Kini Pelaku Menginap Dihotel Prodeo Polsek Lais
Jabat Plt. Kadisbun, Ibir : Tugas Besar Sudah di Depan Mata
Update 30 Juni 2020 Covid-19 Muba: Kasus Konfirmasi Positif Bertambah 3 dari Sungai Lilin
Bupati Muba DRA Minta Pengelolaan PT Petro Muba lebih Profesional
Datangi Kantor Bupati Muba, Kapolres Berikan Buket Bunga Tanda Cinta Kasih Polri
Pengedar Barang Haram Disungai Keruh Ini Diciduk Polisi

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)