Main Area

Main

Produksi Menurun, Harga Sawit 900-950 Perkilo

produksi-menurun-harga-sawit-900-950-perkilo-muba164021592661291.jpg

Buah Sawit.

Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Mulai memasuki musim kemarau, petani sawit di Kecamatan Bayung Lencir, Muba sedikit mengelus dada, pasalnya harga sawit saat ini hanya dikisaran Rp 900an perkilogram, apalagi saat ini produksi sawit menurun atau Trek.

Salah satu petani sawit, Hidayat Lismanto mengaku bahwa sawit petani saat ini dibeli dengan harga Rp 950 perkilogramnya di pengepul, iya mengatakan bahwa sebelumnya 2 sampai 3 bulan yang lalu harga sawit dikisaran seribu, seribu seratusan rupiah perkilonya.

"Iya memang menurun, kalau harga dibawah seribu itu sudah menurunkan juga biaya perawatan. Trek sudah mulai, produksi merosot, faktornya karena tidak bisa memupuk salah satunya apalagi saat ini sudah masuk musim kemarau. Biasanya produksi 1,8 ton perhektar, saat ini hanya 1 ton perhektarnya,"

Hidayat juga mengharapkan harga sawit ini tetap stabil, "jadi dengan produksi yang Trek tidak terlalu berat bagi kami jika harga sawit stabil," Tutupnya.

Sementara salah satu Toke sawit, Sukoyo mengatakan bahwa dirinya membeli sawit di petani dengan harga yang bervariasi tergantung jarak tempuh. "Ada yang Rp 950 perkilo ada yang Rp 1.000 perkilo. Kalau ke Pabrik ya Rp 1.300 perkilo, bulan 9 mulai bagus harga naik," Ungkapnya.

 

Laporan : Luthfy


Baca Juga :
Curi Kabel ESP, Warga Lais Utara Ini Digelandang Ke Mapolsek Lais
Tidak Hanya Pelajar, Guru Juga Bisa Mengakses Internet Gratis Dikantor Kades Teluk
RSUD Sekayu Menuju Layanan Sempurna, Tampilan Gedung Juga Akan Berubah
Ridho Yahya Terima Restu Dodi Reza
Siapkan Perbup, Tak Pakai Masker di Muba Siap-siap Disanksi
Sopir Mengantuk, Avanza Tabrak Tugu Bintang Sekayu
Bersihkan Area Sekitar Jaringan MEP, Warga Mendis : Lahir Kami Puja, Hidup Kami Jaga

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)