Main Area

Main

Pendaftaran Balon Kades Segera Diumumkan Pada 03 Januari 2020

pendaftaran-balon-kades-segera-diumumkan-pada-03-januari-2020-muba100x41577505759.jpg

Kepala Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin, Richard Cahyadi

Lais, Musi Banyuasin – Pemilihan Kepala Desa Serentak Diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin Sudah Didepan Mata, dan Pengumuman Pembukaan Pendaftatan Bakal Calon Kepala Desa akan dilaksanakan pada 3 - 23 Januari 2020 mendatang yang tinggal menghitung hari berdasarkan tahapan Pilkades.

Sedikitnya ada 65 Desa di Kabupaten Muba yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak untuk Periode mas jabatan 2020 sampai dengan 2026 yakni untuk Kecamatan Sekayu 8 Desa, Kecamatan Lais 7 Desa, Kecamatan Sungai Keruh 6 Desa, Kecamatan Jirak Jaya 2 Desa, Kecamatan Plakat Tinggi 9 Desa, Kecamatan Sanga Desa 5 Desa, Kecamatan Sungai Lilin 7 Desa, Kecamatan Keluang 5 Desa, Kecamatan Babat Supat 6 Desa, Kecamatan Lawng wetan 2 Desa, Kecamatan Batang Hari Leko 7 Desa, Kecamatan Tungkal Jaya 1 Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Richard Cahyadi mengatakan bahwa saat ini tahapan pemilihan kepala desa serentak 2020 sudah dimulai sejak 16 Desember 2019 dan saat ini tahapannya sudah masuk pada Pengambilan Sumpah Panitia Pilkades oleh Ketua BPD dalam setiap desa yang melaksanakan Pilkades 2020 ini. “Masing masing BPD dari Desa yang akan menggelar Pilkades Serentak 2020 sudah mendapatkan Tahapan tersebut dan berdasarkan pantauan dilapangan sudah dilaksanakan sesuai tahapan yang ada.” Kata Ricard kepada mubaonline.com, Jumat (27/12/19).

Richard menambahkan, bagi BPD yang sudah melaksanakan sumpah panitia pilkades untuk segera menyampaikan kepada Bupati Cq Kepala Dinas PMD Surat Keputusan Tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa Periode 2020 sampai dengan 2026 Oleh Ketua BPD setelah mendapatkan pengesahan atau diketahui oleh Camat masing masing.

Seperti di Desa Teluk, berdasarkan pantauan mubaonline.com pada Rabu (25/12) BPD Desa Teluk telah melaksanakan Sumpah Terhadap Panitia Pilkades Desa Teluk yang dilangsungkan di Kantor Kepala Desa Teluk sekitar pukul 14.00 wib seluruh unsur kepanitiaan Pilkades Desa Teluk mengikuti sumpah jabatan.

Adapun untuk syarat-syarat pencalonan bakal calon kepala desa Berdasarkan Perbup 82 Tahun 2019 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Musi Banyuasin Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pemilihan Kepala Desa yakni Seseorang yang dapat ditetapkan sebagi Calon Kepala Desa dan dipilih menjadi Kepala Desa wajib memenuhi persyaratan:

a. Warga Negara Republik Indonesia;

b. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

c. memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika;

d. berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Menengah Pertama atau Sederajat;

e. berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun dan batas usia maksimal 65 (enam puluh lima) tahun pada saat mendaftar;

f. bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa;

g. tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara;

h. tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang;

i. tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;

j. sehat jasmani dan rohani;
k. tidak pernah menjabat sebagai Kepala Desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan;

l. tidak menggunakan narkoba;
m. membuat Visi dan Misi secara tertulis;
n. mentaati tata tertib pelaksanaan pemilihan Kepala Desa;

o. bersedia berdomisili di Desa setempat;
p. memenuhi persyaratan administrasi sebagai Bakal Calon Kepala Desa dan ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa.

Dan berikut ini adalah tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2020.

"Kita semua tentu mengharapkan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2020 di Kabupaten Musi Banyuasin ini dapat berjalan lancar dan kondusif, untuk itu mari kita sukseskan Pilkades Serentak ini dengan tetap menjaga ketertiban dan kondusititas." tutup Richard.

Laporan : Raka


Baca Juga :
Junai Warga Tanjung Agung Timur Ini Terciduk Di Desa Epil
Akibat Ulahnya, Warga Lais Utara Ini Diborgol Polisi
Mau Berjalan Diatas Air ? Datangi Taman Terbuka Hijau di Sekayu
Tanggal 8-12 Februari 2020 Tes SKD CPNS Muba
Muara Medak Sulap Lidi Kelapa Sawit Jadi Piring
DPO Ini Akhirnya Diciduk Polisi
Sejahterakan Petani Karet, 6 UPPB Se Bayung Lencir Terima Surat Tanda Registrasi

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)