Main Area

Main

Minyak Jelantah Sumber Penyakit Berbahaya

minyak-jelantah-sumber-penyakit-berbahaya-muba242q11573264089.jpg

Penulis : Defa Sari, Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.

Minyak goreng bekas atau biasa disebut dengan minyak jelantah masih sering sekali di pakai oleh masyarakat di Indonesia dikarenakan harganya murah dan terjangkau, padahal tanpa di sadari minyak jelantah dapat membawa penyakit.

Dilansir dari Website Universitas Gadjah Mada, dr. Maria Selvester Thaedus, M.Biomed mengatakan bahwa minyak jelantah tidak layak digunakan kembali untuk keperluan memasak. Karena, proses pemanasan minyak goreng yang lama ataupun berulang akan menyebabkan oksidasi dan polimerisasi asam lemak yang menghasilkan radikal bebas senyawa peroksida yang bersifat toksis bagi sel tubuh. Syarat mutu bilangan peroksida minyak goreng menurut SNI. 01-3741-2002  maksimal 10meq/1kg minyak. Sementara penggunaan minyak goreng berulang dalam rumah tangga memiliki bilangan peroksida 20-40 meq/kg.

Mengonsumsi makanan yang di goreng dengan menggunakan minyak jelantah dapat mengakibatkan obesitas karena kandungan kalori dan lemak trans pada minyak jelantas lebih tinggi dari pada minyak goreng biasa, penggunaan minyak jelantah pada makanan juga dapat mengakibatkan kanker, kolesterol tinggi, dan menyebabkan penyakit jantung.

Menurut WHO Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Gangguan jantung dan pembuluh darah, dan termasuk penyakit jantung koroner (serangan jantung), penyakit serebrovaskular (stroke), tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit arteri perifer, penyakit jantung rematik, penyakit jantung kongenital dan gagal jantung, salah satu penyabab penyakit seperti ini adalah kebiasaan  mengonsumsi makanan yang di goreng menggunakan minyak jelantah.

 

Profil Penulis :
Defa Sari
Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat
Universitas Sriwijaya


Baca Juga :
11 November Pendaftaran CPNS Muba Dibuka, Ini Formasinya
Bubarkan Paksa Pesta Malam Di Mekar Jaya, Pemerintah Makin Serius Tegakkan Perda
Dua Siswa SMPN 6 Sekayu Juara Olimpiade Matematika Internasional
Proses Hukum Lanjut, Listrik Tanjung Agung Raya Kembali Dinyalakan
Warga Teluk Kijing Terciduk Di Sugiwaras
Pelaku Penembak Seorang Mandor Di Keluang Akhirnya Menyerahkan Diri
Program Kuliah Gratis Muba Dibuka, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)