Main Area

Main

Menelan Ludah Jenis Ini Yang Bisa Membatalkan Puasa

menelan-ludah-jenis-ini-yang-bisa-membatalkan-puasa-muba1444q1618656875.jpg

Menelan Air ludah dapat membatalkan puasa?.

mubaonline - Halo sahabat mubaonline, Namek Puase Kamu? Masih belum pecahkan?. mubaonline kali ini akan membahas tentang menelan air ludah atau liur yang dipercayai sebagian orang dapat membatalkan puasa.

 

Setiap manusia pasti sering mengeluarkan dahak, air liur, ludah dan sebagainya, karena itu merupakan bagian dari metabolisme tubuh.

 

Apa jadinya jika itu terjadi saat puasa?, apalagi puasa di bulan Ramadhan seperti ini.

 

Melansir dari situs resmi milik Nahdlatul Ulama (NU), NU mengungkap hukum menelan air ludah ketika berpuasa di bulan suci Ramadhan.

 

“Menelan air liur itu tidak membatalkan puasa sesuai kesepakan para ulama. Hal ini berlaku jika orang yang berpuasa tersebut memang biasa mengeluarkan air liur. Sebab susahnya memproteksi air liur untuk masuk kembali.” (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 341).

 

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa pada prinsipnya menelan air ludah tidak membatalkan puasa.

 

Namun Buya Yahya mengungkapkan ada ludah-ludah yang dapat membatalkan puasa. Mengutip dari tayangan dakwah Buya Yahya di Channel YouTube Al-Bahjah TV, berikut menelan ludah yang bisa membatalkan puasa.

 

Menelan Ludah Orang Lain

"Menelan ludah sendiri tidak membatalkan puasa, namun menelan ludah orang lain ya batal," kata Buya Yahya yang menjelaskan tentang keindahan dari pasangan suami istri. "Ketika mencium istri tidak batal tapi ketika air ludah sampai tertukar itu batal," lanjut Buya Yahya.

 

Menelan Ludah Sendiri Yang Tidak Berada Ditempatnya

"Kalaupun anda meminum ludah sendiri, tapi ludah itu sudah anda keluarkan, anda masukkan ke gelas sampai dapat setengah gelas, disimpan didalam kulkas, kemudian anda minum, maka hukumnya adalah membatalkan puasa, karena itu ludah sudah keluar dari mulutmu sendiri," ujarnya.

 

Menelan Ludah Yang Bercampur Dengan Sesuatu

"Kalau ludahmu sudah bercampur dengan Ice Cream, Permen, atau sambel, atau sebiji gula pasir, maka batallah puasamu, karena ludahmu sudah tidak murni lagi," tutup Buya Yahya.

 

 

 

Penulis : Luthfy


Baca Juga :
Harumnya Sabun Serai asal Mendis Bayung Lencir
Ratusan Keluarga Korban Pembunuhan Sadis di Mangsang Datangi Polres Muba, Minta Segera Ringkus Pelaku Yang Masih Berkeliaran
Tuntas, Pj Bupati Apriyadi Buat Semua Daerah di Muba Dialiri Listrik
Pelanggan MEP di 14 Kecamatan akan Segera Beralih ke Jaringan PLN
PJ Bupati Apriyadi Buka Program Kuliah Gratis di Universitas Telkom Bandung, Ini Syarat dan Jadwalnya
Kaget Nenek Suhartini, Rumahnya Dipasang Listrik oleh Pj Bupati Apriyadi
Pemkab Muba Terus Gencar Kendalikan Inflasi dengan Operasi Pasar di Bulan Ramadan

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)