Main Area

Main

Ketua PWI Muba Herlin Koisasi, SH Minta Pihak Berwajib Usut Tuntas Oknum Penusukan LSM Dikecamatan Lais

ketua-pwi-muba-herlin-koisasi-sh-minta-pihak-berwajib-usut-tuntas-oknum-penusukan-lsm-dikecamatan-lais-muba326eq1599018596.jpg

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kab. Musi Banyuasin Herlin Koisasi, SH

Lais, Musi Banyuasin – Wartawan sebagai pencari dan pemberi informasi kepada publik yang bertugas sesuai tugas dan fungsinya dengan dilindungi Undang-undang dalam melaksanakan peliputan/tugasnya dilapangan.

Sering kali mendapat hambatan saat peliputan berita dan tak jarang menuai aksi kekejian dan kekerasan dari Oknum. Salah satunya seperti yang terjadi pada Dua orang Wartawan dan Satu orang LSM yang bertugas di Musi Banyuasin pekan lalu.

Aksi penghalangan tugas wartawan dalam melakukan kontrol sosial di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Tepatnya Di Dusun Muara Padang Desa Epil Barat Kecamatan Lais sangat disesalkan oleh Ketua PWI Muba Herlin Koisasi SH.

Menurutnya apa yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dalam menghalangi tugas media dalam mencari berita sangat disesalkan.

“Ya, saya sangat sesalkan atas ulah oknum yang tidak bertanggung jawab atas menghalangi tugas wartawan mencari berita,” kata Herlin Koisasi, Selasa (1/8/20).

Terkait permasalahan itu, pihaknya meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas permasalah yang menimpa kedua anggota kami dan satu LSM yang melakukan tugasnya sebagai kontrol sosial.

" Sudah jelas juga apa yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa Pers dan LSM harus membantu Pemerintahan untuk menjalankan Kontrol Sosial, baik pembangunan maupun dalam kemajuan Perekonomian,"ungkapnya.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Pers dibekali dengan Undang-undang Pers No 40 Tahun 1999 dimana siapaun tidak boleh menghalangi tugas dan fungsinya.
" Kami minta kepada Aparat Penegak Hukum, untuk mengusut tuntas kejadian ini, dan tolong terapkan Undang-undang Pers sebagaimana mesti karena ini adalah tugas dan fungsi Pers, sekali lagi kami minta kejadian ini agar segera diselesaikan,"jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Muba Erlin Tangjaya SIK telah menerima laporan atas penusukan terhadap oknum LSM dan penghalangan pencarian berita oleh teman-teman media.
“Saya telah perintahkan kanit pidum untuk segera menyelidiki kasus tersebut,”ungkapnya.

Perlu diketahui, kejadian tersebut terjadi pada dua wartawan yang bertugas di Kabupaten Muba yang sedang mencari berita, di Kecamatan Lais, Muba.

Dua Wartawan yang melakukan Investigasi ini adalah WM dan IH yang mendampingi narasumber untuk mengkroscek kebenaran diduga bangunan Sekolah Dasar bermasalah. Kejadian ini berada di dusun Muara Padang kembang umur desa Epil kecamatan Lais.

Namun, pada saat dalam perjalanan dua wartawan dihalangi kerjanya hingga berujung penusukan salah satu oknum LSM yang datang bersama dua wartawan. Akibat kejadian AG (32) mengalami luka robek sedalam 7 cm.

Sedangkan dua wartawan yang ada berhasil melarikan diri dan diamankan oleh masyarakat untuk di jaga keselamatannya.

Laporan : raka


Baca Juga :
Akibat Pesta Sabu, Tiga Sekawan Ini Menginap Dihotel Prodeo
Polres Muba Ungkap Kasus Perampokan dan Pembobolan Dealer Motor Serta Pencurian Buah Sawit Di Bayung Lencir
Alasan Meminjam Motor Namun Tak Kunjung Dikembalikan, Narto Diringkus Polsek Sekayu
Serahkan Alat Pengukur Suhu Tubuh Canggih, PT IFI Tbk Diganjar Piagam Terimakasih Dari Sekda Muba
Curi HP Ditanjung Agung Selatan, Hengki Warga Tanjung Agung Barat Diamankan Unit Reskrim Polsek Lais
Mantan Residivis Kembali Berulah, Tertangkap Kasus Yang Sama Narkoba
Minimalisir Cluster ASN, Pemkab Muba Lakukan Rapid Tes Seluruh Pegawai

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)