Main Area

Main

Keroyokan Bersihkan Lingkungan, Bersiap Hadapi Musim Hujan

keroyokan-bersihkan-lingkungan-bersiap-hadapi-musim-hujan-muba340501578637191.jpg

Masyarakat dan Pemerintah Kecamatan, Kapolsek, dan Lurah yang turun langsung melaksanakan pembersihan saluran drainase di RT 08 Kelurahan Bayung Lencir.

Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Puluhan masyarakat tampak membawa parang, cangkul, dan mesin pemotong rumput berkumpul di RT 08 Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir, Jum'at (10/1). Mereka bermaksud untuk melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sejumlah saluran air dan pembersihan jalan yang hampir tertutup oleh semak-semak.

Bukan hanya masyarakat, pantauan di lapangan tampak Camat Bayung Lencir, Kapolsek Bayung Lencir, serta Danramil, Kepala Puskesmas Bayung Lencir bahkan turut serta membersihkan saluran drainase atau parit yang berada di RT 08, Kelurahan Bayung Lencir yang sering menjadi langganan banjir jika terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Diketahui sebelumya Camat Bayung Lencir meminta agar seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk dapat mengajak masyarakat menggelar gotong royong membersihkan lingkungan di wilayahnya masing-masing. Salah satunya dari pantauan mubaonline.com yang dilaksanakan di Kelurahan Bayung Lencir ini.

"Mari bersama kita secara gotong royong menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus mencegah berkembangnya nyamuk-nyamuk penyebab penyakit yang ketika musim hujan mudah sekali berkembang. Caranya bisa dengan, 3 M (Menguras, Menutup, dan Mendaur Ulang) ditambah dengan menebarkan bubuk Abate, bisa juga dengan memelihara ikan Tempalo di bak penampungan air, tidur berkelambu serta menanam tumbuhan pengusir nyamuk" Ujar Camat Bayung Lencir, Akhmad Toyibir SSTP MM.

Dengan harapan, lanjut Ibir, kegiatan seperti gotong royong ini bisa dilanjutkan dan dijadikan kegiatan rutin oleh masyarakat dan Pemerintah Desa/Kelurahan diwilayahnya masing-masing. "Hidup sehat diawali dari kita sendiri, kalau bukan kita siapa lagi" ujarnya.

Sementara Plt Lurah Kelurahan Bayung Lencir, Syarif Hidayat mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain menindaklanjuti instruksi dari Camat Bayung Lencir, pihaknya juga sudah menjadwalkan kegiatan gotong royong seperti ini terjadwal rutin 2 kali dalam sebulan, setiap 2 pekan akan digelar di wilayah RT yang berbeda, Ketua RT, Ketua RW, LPM, serta perangkat lainnya harus hadir membantu masyarakat RT setempat.

"Iya ini juga merupakan hasil kesepakatan bersama dengan Ketua RT, Ketua RW, LPM, dan perangkat Kelurahan serta masyarakat yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah dan masyarakat. Ini juga bertujuan mendorong masyarakat agar bisa menghidupkan kembali tradisi gotong royong," katanya disela pembersihan yang digelar sejak pagi.

Selain gotong royong melaksanakan pembersihan, Puskesmas Bayung Lencir pun memberikan woro-woro ke masyarakat tentang pemberantasan jentik nyamuk dengan cara berkeliling ke pemukiman warga dan menjelaskan tata cara pembasmian jentik nyamuk.

 

Laporan : Luthfy


Baca Juga :
Iming-iming Diberi Uang, Pria 48 Tahun Kecamatan Lais Ini Tega Setubuhi Anak Dibawah Umur
Positif terkonfirmasi Covid-19 di Muba hari ini Bertambah 6 Kasus
Richard Cahyadi : Pergantian dan Pemberhentian Perangkat Desa Jika Tidak Sesuai Aturan, PMD Tidak Akan Memberikan Rekomendasi
Update data hari ini 2 juni Positif Covid-19 Bertambah 4 Kasus di Muba
Diduga Karena Tiupan Angin, Satu Rumah Di Desa Lais Ambruk
1 Orang Warga NTB Bekerja Di Salah Satu Perusahaan Di Muba Positif Covid-19
Jalani Isolasi 10 Hari, PDP 51 Berusia 75 Asal Muba Meninggal Dunia

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)