Main Area

Main

Dua Siswa SMPN 6 Sekayu Juara Olimpiade Matematika Internasional

dua-siswa-smpn-6-sekayu-juara-olimpiade-matematika-internasional-muba355ub1573007674.jpg

Di ajang tingkat internasional yakni South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) atau olimpiade matematika yang berhasil dimenangkan oleh dua pelajar asal SMP Negeri 6 Unggul Sekayu.

Sekayu, Musi Banyuasin - Prestasi membanggakan kembali diraih pelajar Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), kali ini di ajang tingkat internasional yakni South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) atau olimpiade matematika yang berhasil dimenangkan oleh dua pelajar asal SMP Negeri 6 Unggul Sekayu diantaranya Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni.

Diketahui, pada ajang tersebut diikuti ribuan peserta dari 18 negara di Asia pada 27 Septembber lalu, silabus SEAMO sendiri dikembangkan berdasarkan Kurikulum Olimpiade Matematika Singapura dan 40 persen materinya telah dimodifikasi untuk memenuhi standar internasional.

"Alhamdulillah Izami berkompetisi dalam kategori Paper D untuk kelas 7 dan 8, sedangkan Imam masuk dalam kategori Paper E untuk kelas 9 dan 10 dan kami berhasil meraih medali perunggu," ungkap keduanya.

Keduanya menyebutkan, setelah berhasil melewati tahapan tersebut mereka masuk dalam kualifikasi untuk mengikuti Final Olimpiade SEAMO X pada Januari tahun 2020 mendatang di Gold Coast, Australia.

"Ke depan kami akan lebih giat lagi berlatih untuk persiapan mengikuti fimal olimpiase Seamo X di Australia nantinya," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba, Musni Wijaya mengatakan soal-soal dalam SEAMO menuntut peserta untuk berpikir kritis dan mendalam dalam menyelesaikan permasalahan Matematika yang diajukan.

"Sejak awal tahun 2019 ini, SMPN 6 Unggul Sekayu ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin sebagai sekolah yang mengikuti Program Pengembangan Sekolah bernama Lighthouse School Program (LSP) yang sebelumnya telah diadakan di 4 sekolah lainnya di Babat Toman dan Sungai Lilin," terangya.

Lanjut Musni, sebagai sekolah yang baru mengikuti rangkaian kegiatan LSP, SMPN 6 Unggul Sekayu diharapkan dapat terus mencetak prestasi baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.

"Program LSP ini juga merupakan inisiasi pak Bupati Muba Dodi Reza yang berharap dan terus gencar mencetak generasi pelajar Muba yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di level nasional maupun internasional," ulasnya.

Bupati Muba Dodi Reza mengucapkan selamat kepada Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni yang telah berhasil meraih juara olimpiade matematika tingkat internasional.

"Pertahankan prestasinya dan ke depan lebih memaksimalkan lagi persiapan untuk mengikuti ajang Seamo X pada 2020 nanti di Australia," ucap Dodi.

Dodi juga mengajak, peserta didik lainnya di Muba untuk aktif mengikuti kompetisi akademik dan non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Prinsipnya Pemkab Muba akan mendukung dan memfasilitasi, ini juga guna mengasah kemampuan peserta didik itu sendiri," pungkasnya.

 

Laporan : ril


Baca Juga :
11 November Pendaftaran CPNS Muba Dibuka, Ini Formasinya
Bubarkan Paksa Pesta Malam Di Mekar Jaya, Pemerintah Makin Serius Tegakkan Perda
Proses Hukum Lanjut, Listrik Tanjung Agung Raya Kembali Dinyalakan
Warga Teluk Kijing Terciduk Di Sugiwaras
Pelaku Penembak Seorang Mandor Di Keluang Akhirnya Menyerahkan Diri
Program Kuliah Gratis Muba Dibuka, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
Reses Di Desa Kepayang, Dedi Zulkarnain Serap Aspirasi 3 Desa Perairan

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)