Main Area

Main

Calon Terpilih Tidak Sesuai Perda, Mauzan CS Kirim Laporan Gugatan

calon-terpilih-tidak-sesuai-perda-mauzan-cs-kirim-laporan-gugatan-muba176ks1558792268.jpg

Foto Calon BPD Perwakilan Dusun 3 Desa Epil Periode 2019-2025

Lais, Musi Banyuasin – Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Untuk Desa Epil usai digelar pada tanggal 01 Mei 2019 yang lalu, namun siapa sangka dari hasil pemilihan calon Anggota BPD Desa Epil periode 2019-2025 tersebut berujung pada laporan gugatan dari para calon hingga kini masih sengketa.

Laporan bermula pada tanggal 06 Mei 2019, saudara Mauzan (35) yang merupakan calon anggota BPD Desa Epil nomor urut 4 Perwakilan Dusun 3 bersama dua calon lainnya yakni GN (57) dan HZ (46) menyampaikan surat gugatan keberatan pemenang calon BPD Nomor urut 01 saudara CA (32) ke tingkat kecamatan lais dan juga laporan gugatan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin terkait calon BPD bernama CA calon BPD urut 01 yang juga perwakilan Dusun 3 Desa Epil yang tidak tinggal di wilayah pemilihan sesuai dengan Perda No 10 Tahun 2018 Pasal 16 Ayat 1 poin I berbunyi syarat calon anggota BPD bertempat tinggal di wilayah pemilihan.

Laporan gugatan tersebut tertulis bahwa pelapor Mauzan CS mengajukan gugatan terhadap calon urut 01 yang mana diduga telah melanggar persyaratan pencalonan Anggota BPD sesuai Perda Nomor 10 Tahun 2018, diketahui berdasarkan KK dan KTP saudara CA merupakan warga dusun 3 desa epil namun CA berdomisili di Dusun 2 Desa Epil.

Saat dimintai keterangan atas laporan gugatan tersebut oleh media, Mauzan menjelaskan bahwa dirinya dan kedua rekan calon lainnya GN dan HZ mengatakan laporan gugatan tersebut bukan karena saudara CA memiliki Usaha di Dusun 2 Epil namun laporan gugatan berdasarkan domisili calon yang tidak bertempat tinggal di wilayah pemilihan yakni Dusun 3 Desa Epil sesuai dengan Perda 10 Tahun 2018 pasal 16 Ayat 1 huruf i.

“ Yang kami protes bukan karena saudara CA memiliki usaha di dusun 2 Desa Epil, tapi yang bersangkutan kita gugat karena saudara CA tidak berdomisili di Dusun 3 tapi yang bersangkutan menetap dan diam di Dusun 2 Desa Epil pada saat mencalonkan diri sebagai Calon BPD Dusun 3 Desa Epil.” Jelas Mauzan, Sabtu (25/05).

Gejolak pasca laporan gugatan tersebut pun kian berbuntut panjang dan kini ditangani oleh DPMD Kabupaten Musi Banyuasin gugatan belum menemukan titik terang dan hingga kini belum selesai ditangani.

Menurut Mauzan dan CS dirinya memiliki bukti pendukung yang menerangkan bahwa saudara CA saat mencalonkan diri sebagai calon BPD wakil dusun 3 Desa Epil namun yang bersangkutan tidak berdomisili di Dusun 3 melainkan berdomisili atau menetap di Dusun 2 Desa Epil.

“Dua Surat Keterangan dikeluarkan dari Kepala Dusun 2 dan Kepala Dusun 3 Desa Epil, Kepala Dusun 3 menerangkan bahwa Saudara CA adalah benar warga dusun 3 Desa Epil berdasarkan KK dan KTP dan berdomisili atau menetap di Dusun 2 Desa Epil lebih kurang 2 (Dua) Tahun sampai dengan pencalonan sebagai anggota BPD perwakilan Dusun 3 Desa Epil. Kemudian Kepala Dusun 2 Desa Epil dalam surat keterangannya menerangkan bahwa saudara CA adalah warganya yang berdomisili di Dusun 2 Desa Epil yang menetap lebih kurang 2 (Dua) tahun sampai dengan pencalonan sebagai anggota BPD perwakilan Dusun 3 Desa Epil yang masing-masing surat keterangan di ketahui oleh Kepala Desa Epil dan juga ditanda tangani oleh saksi-saksi yang merupakan masyarakat setempat.” Ungkap Mauzan CS.

Mauzan CS berharap Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muba dapat menyelesaikan permasalahan ini dan dijalankan sesuai Perda yang ada yakni Nomor 10 Tahun 2018 dan segera menemukan titik terang hasil dari gugatan yang telah disampaikan.

Laporan : rka

 


Baca Juga :
Siswa SMA N 2 Lais Ini Jago Melantunkan Tembang Batang Hari Sembilan
Bupati Muba Segera Realisasi Kebutuhan Prioritas Masyarakat Babat Supat
Tulang Belulang Manusia Ditemukan Dilumpatan, Polisi Lakukan Penyelidikan
Saat Santai Bandar Narkoba Ini Lalai Dan Ditangkap Dirumahnya
Pasca Dilantik M. Yamin adakan Syukuran dan Sampaikan Ucapan Terima Kasih
Kabut Asap Makin Tebal, Mulai Mengganggu Aktivitas Sekolah
Ucapkan Sumpah Janji, 45 Anggota DPRD Muba 2019-2024 Resmi Dilantik

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)