Main Area

Main

Bukan Tugas Pokoknya, Ikut Campur Tangani Kebakaran Pasar Baru Bayung Lencir

bukan-tugas-pokoknya-ikut-campur-tangani-kebakaran-pasar-baru-bayung-lencir-muba190o01571974539.jpg

Upaya pemadaman api dan pendinginan bara api yang menghanguskan sejumlah kios dan los di Pasar Baru Bayung Lencir.

Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Kebakaran yang melanda Pasar Baru Bayung Lencir yang menghanguskan 16 Kios dan 10 Los kemarin sempat membuat masyarakat Bayung Lencir heboh, sejumlah pedagang histeris menangis ketika melihat barang dagangannya ludes di lahap sijago merah.


Pada usaha pemadaman tersebut, dari pantauan mubaonline.com, selain Petugas dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Muba yang sudah berjuang keras berjibaku memadamkan api, ada sejumlah pihak dari instansi-instansi diluar tugas pokoknya, membantu dengan keras menyiapkan peralatan dan turun ke lapangan untuk menjinakkan si jago merah tersebut.


Berikut Ulasan mubaonline.com mengenai sejumlah pihak yang turut membantu memadamkan api di Pasar Baru Bayung Lencir.

 


1. Manggala Agni Daops 1 Muba


Manggala Agni adalah Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Indonesia yang dibentuk oleh Departemen Kehutanan pada tahun 2003. Namun pada upaya pemadaman kebakaran Pasar Baru Bayung Lencir, dengan jumlah personil yang bisa dikatakan memerahkan areal kebakaran dengan seragam berwarna merahnya, personilManggala Agni Daops 1 Muba ini sangat bekerja keras membantu memadamkan api walau bukan merupakan tugas pokok mereka.


"Kalau Pasar dan Pemukiman bukan tugas pokok kami Pak, tapi kami siap membantu apabila dibutuhkan dan personil tersedia, dalam artian sedang tidak melaksanakan pemadaman di hutan atau lahan" Ungkap Kadaops Manggala Agni Daops 1 Muba ini di tanyai mubaonline.com via whatsapp.


Bukan sekali itu saja, karena berpusat di Bayung Lencir, tentunya Manggala Agni Daops 1 Muba ini personilnya mayoritas terfokus di Kecamatan Bayung Lencir, dan sering sekali turut menyumbang suksesnya pemadaman kebakaran Pemukiman di wilayah Bayung Lencir.


2. PDAM Tirta Randik, Kabupaten Muba Cabang Bayung Lencir


Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Muba Cabang Bayung Lencir ini menurunkan sejumlah karyawan dan tangki air lengkap dengan mesin pompa bertekanan tinggi yang bisa membantu regu pemadam kebakaran untuk suplai air. Bukan hanya menyuplai air, sejumlah karyawannyapun ekstra bekerja keras memegang selang air untuk memadamkan api yang membara di Pasar Baru Bayung Lencir.

 


3. Polsek Bayung Lencir


Polisi dengan tugas pokok pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pemberian perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Pada Kebakaran pasar baru Bayung Lencir, personil Polsek Bayung Lencir turut bahu-membahu memadamkan api, sejumlah personil turut memegang selang pemadam kebakaran menyemprotkan air ke api agar api segera padam.

 


4. Masyarakat


Bukan instansi, nah ini yang paling terkesan modal nekat, dengan peralatan seadanya, masyarakatpun turut membantu personil kebakaran, ada yang menggunakan ember, menggunakan selang air rumah tangga, bahkan ada yang turut membantu memegang selang air milik regu pemadam kebakaran.


Dengan pengetahuan yang minim tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemadaman Kebakaran, tanpa peralatan safety, mereka menyucurkan keringat bahkan basah karena air untuk membantu memadamkan api yang menghanguskan Kios dan Los milik Pemerintah Kabupaten Muba tersebut.


Selain memadamkan api, masyarakatpun bahu-membahu menyelamatkan barang dagangan milik pedagang yang masih bisa diselamatkan.

 

Laporan : Luthfy


Baca Juga :
11 November Pendaftaran CPNS Muba Dibuka, Ini Formasinya
Bubarkan Paksa Pesta Malam Di Mekar Jaya, Pemerintah Makin Serius Tegakkan Perda
Dua Siswa SMPN 6 Sekayu Juara Olimpiade Matematika Internasional
Proses Hukum Lanjut, Listrik Tanjung Agung Raya Kembali Dinyalakan
Warga Teluk Kijing Terciduk Di Sugiwaras
Pelaku Penembak Seorang Mandor Di Keluang Akhirnya Menyerahkan Diri
Program Kuliah Gratis Muba Dibuka, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)