Main Area

Main

BPBD Muba, All Out Hadapi Karhutlah

bpbd-muba-all-out-hadapi-karhutlah-muba352jy1593682874.jpg

Jhonni Martohonang : Sebanyak 125 personil kita kerahkan tentunya bersama TNI, Polri dalam melakukan pencegahan dan edukasi mengenai bahaya karhutla di Kabupaten Muba

Sekayu, Musi Banyuasin - Musim kemarau diperkirakan tidak akan lama lahi, hal ini membuat Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Muba mulai memperisapkan diri menghadapi dan mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Muba. Dimana, BPBD Muba mengerahkan 125 personil dan memetahkan daerah rawan karhutla.

Kepala BPBD Muba, Jhonni Martohonang AP, mengatakan persiapan mencegah karhutla di Kabupaten Muba saat ini mulai pihaknya persiapkan. Menurut prediksi musim kemarau masuk pada bulan Agustus-September sehingga pihaknya mempersiapkan segala sesuatu mulai dini.

“Sebanyak 125 personil kita kerahkan tentunya bersama TNI, Polri dalam melakukan pencegahan dan edukasi mengenai bahaya karhutla di Kabupaten Muba. Tim mulai bergerak melakukn edukasi tentunua sesuai protokol kesehatan,”kata Jhonni, Kamis (2/7/20).

Lanjutnya, pihaknya telah memetahkan sejumlah wilayaj yang masuk katergori rawan bencana karhutla. Dimana, ada beberpa kecamatan yang rawan yakni Kecamatan Bayung Lencir, Tungkal Jaya, Lalan, dan Sanga Desa.

“Personil telah kita tempatkan di sejumlah posko induk dan 8 posko pembantu. Posko tersebut bertujuan agar petugas bisa mensosialisasikan ke masyarakat bahaya karhutla. Mengatasi bencana karhutla pihaknya akan all out 24 jam sesuai instruksi Bupati Muba,”tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan Pemkab Muba bersama Forkopimda Muba telah membuat sistem siaga bencana karhutla jika musim kemarau telah datang.

“Ya, kita bersama Forkopimda terus berupaya mencegah bencana karhutla agar tidak terulang kembali di Kabupaten Muba. Walaupun saat ini masih musim hujan, kita telah membentuk sistem Early Warning bencana karhutla jika sudah memasuki musim kemarau,”kata Dodi.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya terdapat sejumlah kendala dalam mengatasi karhutla, dari sana bisa diambil solusi dalam mencegahnya. “Muba akan mendapatkan perhatian khusus dari BNPB dalam hal penanggulangan karhutla dalam alokasi khusus untuk penanggulangan karhutla,”jelasnya.(ril)


Baca Juga :
Curi Kabel ESP, Warga Lais Utara Ini Digelandang Ke Mapolsek Lais
Tidak Hanya Pelajar, Guru Juga Bisa Mengakses Internet Gratis Dikantor Kades Teluk
RSUD Sekayu Menuju Layanan Sempurna, Tampilan Gedung Juga Akan Berubah
Ridho Yahya Terima Restu Dodi Reza
Siapkan Perbup, Tak Pakai Masker di Muba Siap-siap Disanksi
Sopir Mengantuk, Avanza Tabrak Tugu Bintang Sekayu
Bersihkan Area Sekitar Jaringan MEP, Warga Mendis : Lahir Kami Puja, Hidup Kami Jaga

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)