Main Area

Main

Belum Miliki SKCK serta Sidik Jari, Siap-siap Si Cakep dan Si Inem Datangi Anda

belum-miliki-skck-serta-sidik-jari-siap-siap-si-cakep-dan-si-inem-datangi-anda-muba225u61564494855.jpg

Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Andes Purwanti SE MM.

Sekayu, Musi Banyuasin - Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), khususnya dalam penertiban Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari. Polisi Resort (Polres) Muba membuat terobosan dengan cara jemput bola.

 

Kepala Satuan Intelkam Polres Muba AKP Handrianto, SH, mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari, yang selama ini banyaknya selalu menjadi keluhan.

 

“Kini, tidak ada lagi istilah sulit ataupun susah dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan penerbitan kartu sidik jari, sebaliknya jika anda tidak memiliki kedua kartu tersebut maka siap-siap didatangi oleh Si Cakep (Sistem Catatan Kepolisian Keliling) dan Si Inem (Sidik Jari dan Indentifikasi Ekspres Muba),” terangnya saat dihubungi, Selasa (30/7).

 

Handrianto menegaskan, bahwa dengan sistem tersebut mampu mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.


“Program Si Cakep Keliling dan Si Inem, dilakukan dengan cara mendatangi langsung pemohon pembuatan SKCK dan Sidik jari, baik itu sekolah, kampus, instansi, perusahaan dan ke desa. Pelayanan ini juga dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu,” bebernya.


Hal senada juga dikatakan Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM, menerangkan bahwa program Si Cakep Keliling dan Si Inem ini dilaksanakan guna mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Kita juga telah lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program Si Cakep keliling dan Si Inem, baik melalui media sosial atau sosialisasi secara langsung dilapangan, dengan adanya program ini diaharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin membuat surat keterangan catatan kepolisian dan pembuatan kartu sidik jari. Apabila pemohon SKCK dan Sidik jari tidak sempat untuk datang ke Polres maka kita akan berikan pelayanan dengan mendatangi pemohon untuk pembuatan SKCK dan Sidik jari," bebernya.

 

Kapolres juga mengungkapkan bahwa, pada akhir tahun lalu telah menerima penghargaan dari KEMENPAN-RB sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori SANGAT BAIK tahun 2018. Adapun Penyelenggara Pelayanan Publik yang ditonjolkan dari Polres Musi Banyuasin ialah Peningkatan pelayanan publik dengan membuat pelayanan satu atap serta pelayanan satpas yang bertujuan memberikan kenyaman dan kemudahan bagi masyarakat

“Si Cakep dan Si Inem merupakan terobosan dan inovasi baru dari pelayanan Polres Muba, sehingga diharapkan lebih semakin memberikan dampak positif di masyarakat terhadap Polri, yang selama ini telah maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.(ril)


Baca Juga :
Kebakaran Hebat Hanguskan Lima Rumah Di Desa Epil
Pengedar Uang Palsu Dikecamatan Lais Diciduk Polisi
Nekat Mencuri, Apriyansyah Kini Diciduk Polisi
Dodi Reza Langsung Sambangi Korban Kebakaran Desa Epil
Tempat Penyulingan Minyak Dikelurahan Babat Terbakar
Penampakan Harimau Sumatera, Di Banyuasin Bukan Di Muba
Kebakaran Di Desa Lais, Dinsos Muba Salurkan Bantuan

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)