Main Area

Main

Bangkitkan Tradisi Literasi, SMPN 2 Sekayu Gelar WorkShop

bangkitkan-tradisi-literasi-smpn-2-sekayu-gelar-workshop-muba26of1552556708.jpg

Bimbingan teknik pembuatan majalah sekolah di SMP Negeri 2 Sekayu.

Sekayu, Muba- SMP Negeri 2 Sekayu adakan bimbingan teknik pembuatan majalah sekolah di SMP Negeri 2 Sekayu. Hal Ini bertujuan untuk membangkitkan tradisi literasi di kalangan anak muda, khususnya di lingkungan siswa SMP Negeri 2 Sekayu.

Era digital yang mempermudah kehidupan manusia termasuk dalam memeroleh berita tak serta merta membuat mereka hobi berselancar di dunia maya untuk menambah pengetahuan dan wawasan dengan banyak membaca-menulis yang menjadi turunan dari hobi membaca tersebut.

Untuk membangkitkan semangat para siswa menulis lewat hobi membaca, SMP Negeri 2 Sekayu menggandeng Duta Baca Muba, Rojaki M.Pd. melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Muba untuk menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk Bimbingan Teknik Pembuatan Majalah Sekolah. Pelatihan sehari itu digelar di Perpustakaan SMP Negeri 2 Sekayu, Rabu (13/3/2019)

Tentunya ini merupakan langkah awal yang sangat positif untuk menggalakan peserta didik untuk gemar berliterasi. Melalaui bimbingan teknis pembuatan majalah ini, diharapkan peserta didik mampu meningkatkan kreativitasnya menuangkan gagasan, ide, dan potensi menulis dalam bentuk sebuah karya berupa majalah sekolah SMP Negeri 2 Sekayu.

Saat kegiatan bimbingan pembuatan majalah sekolah berlangsung, antusias siswa sangat luar biasa dalam kegiatan workshop penulisan majalah sekolah. Mereka menyimak, menyampaikan pertanyaan, ide dan projek pembuatan majalah sekolah ini. Mereka sangat senang karena dapat ilmu baru dan workshop ini akan menghasilkan majalah sekolah yang menampung ekspresi dan seluruh kegiatan sekolah.

Kepala Perpustakaan, sekaligus pembina majalah sekolah SMP Negeri 2 Sekayu, Hendri Yusep, S.Pd. mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini penting bagi para siswa untuk memotivasi mereka agar gemar membaca dan menulis. “Di era digital sekarang, tantangan pendidik salah satunya adalah membuat para siswa hobi menulis dan membaca. Kebetulan, kami sedang menyiapkan majalah sekolah untuk terbit berkala,” katanya.

Demikian beberapa pertanyaan menarik yang disampaikan peserta workshop teknik pembuatan majalah sekolah. Sebanyak 25 peserta yang hadir yaitu terdiri dari siswa/ siswi SMP Negeri 2 Sekayu beserta para dewan guru dan staff. Rasa senang pun terpancar ketika sang Duta Baca Muba memberikan materi dan penjelasan yang mudah diphamai oleh peserta. Penyelenggaraan worshop ini antara lain dilatarbelakangi oleh kesadaran para dewan guru dan siswa/ siswi bahwa kegiatan membaca harus menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, baik bacaaan buku pelajaran, fiksi, dan lain-lain termasuk majalah.

Seperti yang diungkap kepala sekolah, Marwiyah, S.Pd. M.Pd., “Majalah sekolah adalah salah satu media untuk menyampaikan informasi kegiatan sekolah, melatih kecakapan dan bakat menulis siswa, dan juga media promosi berbagai kegiatan sekolah kepada masyarakat luas.'' Ia pun menambahkan, mengucapkan sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan hadir Duta Baca Kab. Muba, Rojaki,M.Pd. selain mengajarkan bagaimana teknik membuat majalah sekolah hingga tahap penerbitan majalah sekolah. Selain itu, kegiatan ini dipersiapkan jika nantinya ada perlombaan majalah sekolah yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Musi Banyuasin.(hum)


Baca Juga :
Dua Penjambret Simpang 4 Pendopoan Bupati Berhasil Diamankan
Tolak Diputuskan Raya Ditusuk 16 Lobang
Bupati Resmikan SPBU Lais-165
Sang Editor Bangga Video Pendek Karyanya Menang Dua Nominasi Sekaligus
Tiang Listrik Timpa Mobil Truck, Satu Nyawa Melayang
3 Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur Diborgol Polisi
Rumah Komalza Terbakar, Dinsos Muba Salurkan Bantuan

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)