Main Area

Main

Antisipasi Peningkatan DBD, Dinkes Gelar Rakor

antisipasi-peningkatan-dbd-dinkes-gelar-rakor-muba342is1579009136.jpg

Cegah DBD, Dinkes Muba Meluncur Ke Lalan

LALAN - Pemkab Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba terus Gencar untuk melakukan antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) diwilayahnya, terlebih pada musim hujan saat ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dan Puskesmas menggelar rapat koordinasi, yang sebelumnya telah dilaksanakan apel bersama. yang dibuka langsung oleh Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS dan dihadiri oleh Kepala Bidang Kesmas dr Hj Sriwijayani MKes, Kepala Bidang SDK Hapzih SKM MM, Kepala Seksi dan Kasubbag Dinkes Muba serta Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha Puskesmas se Kabupaten Muba di Puskesmas Bandar Agung Kecamatan Lalan, Selasa (14/01/2020).

Kadinkes Muba dalam sambutannya mengatakan, selain menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyakit DBD dan pencegahannya, diminta kepada seluruh puskesmas untuk melakukan upaya preventif, melalui gerakan bersama basmi jentik dengan menggerakkan juga anggota Saka Bakti Husada (SBH) dan kader kesehatan yang ada diwilayah puskesmas masing-masing untuk menjadi juru pemantau jentik (jumantik).

“Para jumantik terjun langsung dari rumah ke rumah untuk melakukan pemeriksaan jentik sekaligus melakukan edukasi kepada keluarga yang dikunjungi, dengan melakukan sosialisasi dan terjun langsung kerumah-rumah diharapkan dapat menekan penyebaran DBD di Kabupaten Musi Banyuasin", harapnya.

Lanjutnya, untuk pertama kalinya, setelah sekian lama mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) antara Dinas Kesehatan dan Puskesmas se Kabupaten Musi Banyuasin yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Kesehatan kini diarahkan untuk dilaksanakan bergilir di Puskesmas yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin.

Rakor ke puskesmas ini agar masing-masing Kepala Puskesmas bisa melihat secara langsung bagaimana bentuk pelayanan ditempat lain, jika ada kelebihan bisa di contoh untuk diterapkan dipuskesmas masing-masing dan dapat juga memberikan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga seluruh puskesmas dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan yang ada, sesuai dengan misi kabupaten Musi Banyuasin poin empat menyediakan kesehatan yang berkualitas serta terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Selain itu juga untuk menambah sirahturahmi antar keluarga besar dinas kesehatan, sehingga kedepan dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya di wilayah kesehatan Muba.(ril)


Baca Juga :
Iming-iming Diberi Uang, Pria 48 Tahun Kecamatan Lais Ini Tega Setubuhi Anak Dibawah Umur
Positif terkonfirmasi Covid-19 di Muba hari ini Bertambah 6 Kasus
Richard Cahyadi : Pergantian dan Pemberhentian Perangkat Desa Jika Tidak Sesuai Aturan, PMD Tidak Akan Memberikan Rekomendasi
Update data hari ini 2 juni Positif Covid-19 Bertambah 4 Kasus di Muba
Diduga Karena Tiupan Angin, Satu Rumah Di Desa Lais Ambruk
1 Orang Warga NTB Bekerja Di Salah Satu Perusahaan Di Muba Positif Covid-19
Jalani Isolasi 10 Hari, PDP 51 Berusia 75 Asal Muba Meninggal Dunia

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)